fix permasalahan error dpkg

penulis by Teguh Sadana

kali ini saya akan mencoba share tentang problem yang saya hadapi,
karena hal sepele ini saya harus begadang seharian :hammer
waktu itu saya punya masalah mengenai error dpkg,
biasanya error dpkg itu muncul pada saat menginstall karnel2 di backtrack ato linux lain
seperti saat agan perintahkan
apt-get install bla bla bla
terus diakhir mengalami error: dpkg / E:dpkg atau sejenis lainnya itu.


ini yang buat saya pusing setengah mati karena hal ini, bagaimana tidak saya mau menginstall
program2 di backtrack tidak bisa. ane akhirnya googling dan dapet hasilnya dengan cara seperti dibawah
buka terminal, dan ketik :

rm /var/lib/dpkg/lock

setelah itu
sudo dpkg --configure -a


jika sudah coba agan test apt-get install jika masih terjadi error.
inilah hal yang mengesalkan, ane sudah googling dan blogging serta masuk dalam forum2,
tapi hasilnya tetap sama, ane merasa menemuin kebuntuan,
ane hampir mau selingkuh dengan distro linux lain, yaitu backbox.
(wew ane jadi curhat ya!!)

tapi sekarang saya sudah menemukan ramuan mujarabnya :D
oke langsung aja ya biar ga banyak cerita.........
kita flashback dulu.........
apakah sebelumnya seteah agan selesai install backtrack/ linux
tidak melakukan update dan upgrade system linux terlebih dahulu
jika belum jadi ini lho permasalahannya, ane menggaris bawahi
bahwa linux itu wajib perlu melakukan pengupdate dan upgrade
sebelum menginstall karnel2 yang lainnya.
jadi solusinya agan harus update dan upgrade dulu
setelah melakukan diatas baru agan install deh karnelnya
tapi, jika agan sudah menginstall karnel2 terlebih dahulu
seperti update-manager, synaptic, etc itu
lebih baik diremove dulu itu semua
dengan perintah
apt-get remove bla bla bla (sama seperti install)
setelah itu update dan upgrade gan,
maka permasalahan selesai.
jika masih tidak bisa sebaiknya install ulang saja, hehehhe
atau googlein sampe dapet. hahahaha #canda

sekian, semoga membantu..

0 komentar:

Posting Komentar